Sunday, September 23, 2012

Review Bhinneka.com

 

Sejak berdirinya Bhinneka di tahun 1993, usaha penjual perangkat komputer ini telah berkembang menjadi 6 toko dengan ratusan karyawan yang tersebar di seputar kota Jakarta. Bahkan toko ke tujuh akan di buka minggu depan di Mangga Dua. Berbagai layanan ditawarkan demi kemudahan pelanggan, seperti layanan rakit PC di tempat atau layanan cetak foto digital. Pada awalnya lebih bergerak pada market CAD CAMM dengan produk utama yaitu Roland (Jepang), Encad (Amerika), Numonics (Amerika), serta Micron PC (Amerika). Namun karena krisis 1997-1998, Bhinneka dihadapkan pada satu kondisi untuk memilih mempertahankan market yang tergerus habis atau mencari terobosan baru. Oleh karena itu, di tahun 1999 Bhinneka memutuskan untuk konsentrasi dalam bisnis berbasis web. Situs Bhinneka sendiri sebenarnya sudah ada 1996, namun baru menjadi situs commerce sejak 1999.

Cara Berbelanja
  1. Pilih produk yang ingin Anda beli dengan menekan tombol di halaman product list, tombol di halaman detail product atau di halaman mana saja yang ada salah satu diantara kedua tombol itu. Maka produk yang Anda pilih akan masuk ke dalam tabel Shopping Cart.



  2. Setelah anda tekan tombol-tombol tersebut, maka barang yang anda pilih akan masuk ke dalam Shopping Cart anda. Silakan baca manual Shopping Cart, jika Anda belum pernah menggunakannya atau belum paham prosesnya.

Belanja Via Telepon / Email
  1. Bhinneka juga melayani pembelian melalui telepon (62-21) 4229555 - 4261617.
  2. Anda juga bisa berbelanja dan menghubungi melalui email care@bhinneka.com

     
Kunjungan Langsung
  1. Anda juga bisa melakukan pembelian secara langsung dengan mengunjungi kantor atau outlet Bhinneka. Silahkan klik di sini untuk mengetahui alamat lengkap kantor dan outlet-outlet.
  2. Berhubung tidak semua barang on-stock disetiap lokasi, mohon konfirmasi kunjungan Anda ke Sales Consultant Bhinneka agar bisa menyiapkan barang yang ingin Anda beli. 
– End of Interview –
Tampaknya menjalankan usaha tidak hanya sekedar permainan modal. Tampaknya Bhinneka juga telah was was dengan fenomena comparison shopping dengan menjadikan situsnya lebih informatif lewat blog dan product review. Mutu layanan juga menjadi yang terdepan, tidak hanya bersaing lewat harga. Ini adalah salah satu pemikiran yang perlu diketahui banyak pebisnis Indonesia yang takut dimintai pricelist untuk dibandingkan dengan toko seberang.

Bhinneka.com termasuk kedalam lingkup B2C dengan tipe model E-shop, dimana menjual barang baru ke konsumen terhitung oleh jumlah dan pengkategorian barang dimana Bhinneka menjual barang yang berhubungan dengan komputer dan sebagainya.

Disusun oleh :
Nim/Nama  : 10.41010.0023/Ach. Rizal.A
Dosen         : Tan Amelia
Tugas      : Mereview salah satu website dan melakukan analisa terhadap website tersebut, dilihat dari perspektif teknologi yang digunakan, market dan model yang dikembangkan.
Kelas          : P2

2 comments: