Monday, September 26, 2011

Resume Sistem Operasi

Linux disusun berdasarkan standar sistemoperasi POSIX yang sebenarnya diturunkan berdasarkan fungsi kerja UNIX. UNIX kompatibel dengan Linux pada level system call, ini berarti sebagian besar program yang ditulis untuk UNIX atau Linux dapat direkompilasi dan dijalankan pada sistem lain dengan perubahan yang minimal. Secara umum dapat dikatakan Linux berjalan lebih cepat dibanding UNIX lain pada hardware yang sama. Dan lagi UNIX memiliki kelemahan yaitu tidak bersifat free.

MS-DOS memiliki kemiripan dengan Linux yaitu file sistem yang bersifat hirarkis. Tetapi MS-DOS hanya dapat dijalankan pada prosesor x86 dan tidak mendukung multi user dan multi tasking, serta tidak bersifat free. Juga MS-DOS tidak memiliki dukungan yang baik agar dapat berinteroperasi dengan sistem operasi lainnya, termasuk tidak tersedianya perangkat lunak network, program pengembang dan program utilitas yang ada dalam Linux.

MSWindowsmenawarkan kemampuan grafis yang ada pada Linux termasuk kemampuan networking tetapi tetap memiliki kekurangan yang ada pada MS-DOS. Windows NT yang juga tersedia untuk Digital Alpha selain prosesor x86. Namun Windows NT ini masih juga memiliki beberapa kekurangan yang telah ada pada MS-DOS.Waktu untuk menemukan suatu bug dalam suatu sistem operasi ini tak sebanding dengan harga yang harus dibayar. Sistem operasi Apple untuk Macintosh hanya dapat berjalan di sistem Mac. Juga memiliki kekurangan dari sisi ketersediaan perangkat bantu pengembang (development tool) dan juga kurang dapat secaramudah untuk berintoperasi dengan sistem operasi lainnya. Apple juga telah memungkinkan Linux dapat dijalankan pada PowerMac.



UBUNTU
Spesifikasi Perangkat Keras :
1. Laptop/ PC Pentium 4 ke atas atau yang setara.
2. Memory 512Mb atau lebih.
3. Space Hardisk 5 Gb atau lebih.
4. VGA card dan Monitor minimal 800 x 600.
5. DVD/CD Room atau USB port.
6. Koneksi Internet jika ada.

FILE SYSTEM
Beberapa fie system :
  1. Ext2 dan Ext3
    • skema block mapping untuk melakukan penulisan pada harddisk atau perangkat penyimpan data yang lain.
    • hanya mencapai 32.000 subdirektori, hanya mendukung penanggalan sampai 2038.
  2. Ext4
    • skema extent.
    • Jumlah subdirectory pada ext4 bisa mencapai 64.000 subdirektori
    • Untuk sistem penanggalan ext4, sudah sampai tahun 2242.
    • Filesystem Ext4 memiliki keunggulan performance yang significant dalam menulis dan membaca file berukuran besar.

  3. Fat 16
    • ini didesain untuk mengatur file fi floppy disk, dan sudah mengalami beberapa kali perubahan, sehingga digunakan untuk mengatur file harddisk. Keuntungan FAT16 adalah kompatibel hampir di semua sistem operasi, baik Windows 95/98/ME, OS/2, Linux dan bahkan Unix.
    • FAT16 salah satunya tidak mendukung kompresi, enkripsi dan kontrol akses dalam partisi
  4. Fat 32
    • Namun FAT32 memiliki kelemahan yang tidak di miliki FAT16 yaitu terbatasnya Operating System yang bisa mengenal FAT32.
  1. NTFS
    • NTFS menawarkan security yang jauh lebih baik, kompresi file, cluster dan bahkan support enkripsi data.
    • Namun ingat bahwa apabila anda sudah menggunakan NTFS akan muncul masalah jika ingin downgrade ke FAT tanpa kehilangan data.

No comments:

Post a Comment